FORMAT BARU LAPORAN AKHIR DAN SKRIPSI IPDN 2016

by Label: di



Assalamualaikum....

Selamat pagi sahabat-sahabatku khususnya mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skirpsi/Laporan Akhir (LA)..... salam huu haa 

Pagi ini saya akan menulis singkat, semoga bisa meningkatkan motivasi kita bersama.
Seperti pagi kamis biasanya, memang saya menghabiskan waktu di asrama karena perkuliahan baru dimulai pukul 10 Wib, tempat favorit saya kalo seperti ini adalah meja paling pojok ruang belajar wisma jambi bawah.apalagi semenjak ada free wifi, yaa hitung-hitung cari data sama cari informasi. Sambil menunggu tetesan kopi diiringi recitation dan aungan mesin pemotong rumput di luar dari luar jendela. Hmmmm nikmat tuhan yang mana kamu dustakan hehe....

Ya namanya juga kalo sudah merasakan nikmat kadang kadang kita jadi suka lupa. mendadak mengantuk, jadi sangat malas dan mengeluh ketika ingat harus revisi dan revisi, karena akhir bulan ini UP harus sudah dikumpulkan. ah sudahlah tidur saja dulu pikirku, saya berdiri ingin kembali ke bed untuk merebahkan badan.
hingga akhirnya saya menoleh keluar jendela dan mengamati bapak bapak tukang cukur rumput yang setiap hari datang pagi pagi dengan ransel (mesin) orange di punggung, saya tahu benda itu tidak ringan dan tidak mudah untuk dioperasikan, belum lagi risiko ketemu ular di semak-semak seperti beberapa waktu lalu. Namun saya tidak pernah melihat wajah mengeluh bapak bapak itu, dia tahu rumput pasti bertambah tinggi setiap hari dan tugasnya bukan untuk menyalahkan rumput tumbuh yang dia tahu hanya merapikan dan menata rumput agar berhak untuk mendapatkan gaji di awal bulan.

Kemudian saya terduduk kembali, try to establish dengan keadaan saya, hingga kemudian saya malu untuk mengeluh, sudah masuk tahun keempat saya kuliah, perjuangan saya tidak begitu berat, hanya bangun pagi menikmati fasilitas yang super lengkap, makan minum tempat tinggal listrik air bahkan pakaian sudah disedia, Cuma bermodal tas hitam tidak terlalu berat yang hanya bisa di jinjing (tidak berat), Cuma duduk mendengarkan dosen berbicara, memahami teori dan konsep, mengerjakan tugas tugas, melewati ujian ujian di tiap tingkatan dan melewati proses demi proses lainnya, hingga sampai kepada tahap akhir, yaitu LAPORAN. Harusnya saya tidak boleh lagi mengeluh hanya dengan revisi dan revisi kecil seperti ini, walaupun format laporan tahun ini jauh bebrbeda dengan tahun sebelumnya tapi sebenarnya untuk standar praja yang katanya orang-orang pilihan maka hal ini bukanlah suatu masalah besar, just follow it untuk alur demi alur dan setiap inchi perubahan. Saya juga harusnya tak boleh menyalahkan orang yang menolak pemikiran saya, karena kita harus sebagi peserta didik kita memang harus banyak dikoreksi untuk mendapatkan hasil yang optimal, harusnya hal tersebut menjadi tolak ukur untuk peningkatan kualitas diri saya. Dan hal ini mencharge semangat saya untuk menulis menulis dan menulis lagi. Walau masih berkutat di latar belakang, gapapa yang penting karya sendiri dan paham setiap kata yang dituliskan hehe
          Buat rekan-rekan wasana praja angkatan XXIV tetap semangat ya, banggalah dengan angkatan kita yang memiliki kemampuan adaptasi yang sangat tinggi, yang katanya angkatan paling penurut sepanjang masa, jangan kenang dan bayangkan lagi ‘enak’nya jadi wasana seperti yang kita lihat tiga tahun lalu, the paradigm really has change baik dengan pola pengasuhan maupun dengan pembelajaran (Format Laporan Akhir). Insyaallah biasanya kalo banyak cobaannya hasilnya juga handal dan membanggakan.

          Astagfirullahaladzhim.. ya allah jauhkan kami dari sifat malas dan keputusasaan sesungguhnya engkau maha membolak balikan hati manusia...

Dan untuk format laporan akhir dan skripsi IPDN tahun 2016 dapat dilihat disini....

https://drive.google.com/file/d/0B_qca_gmzMO3WVhJUi1Qb3JUSFk/view?usp=sharing



Posting Komentar

Back to Top